PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL BERDASARKAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP IPK



Mellyna Eka Yan Fitri(1*)

(1) Dharma Andalas University
(*) Corresponding Author

Abstract


The industrial revolution 4.0 is currently affects the lifestyles of the people, especially students. This relates to student achievement that can be seen from the results of learning achievements through the GPA. This study aims to determine to analyze the effect of learning behavior on the GPA scores. And then find out whether there are differences in student learning behavior using social media based on the GPA. The sample was taken about 300 college students in Padang City whose social media account for at least one year. The results, from the multinomial logit regression analysis, there is no effect of learning behavior on the GPA score, and from the Crosstab analysis with the Chi-Square test that there is no difference in student learning behavior using social media based on the GPA score. It is hoped that these results can be used for further research for universities in educating and creating graduates, who excel despite being active in using social media. The expected this result can be used for further study for universities in education and creating the excellence graduates although they use social media.


Revolusi industri 4.0 yang berjalan saat ini mempengaruhi gaya hidup masyarakat terutama mahasiswa. Hal ini berkaitan dengan prestasi belajar mahasiswa yang dapat dilihat dari hasil capaian belajar melalui nilai IPK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku belajar yaitu mengikuti pelajaran, membaca buku, mengunjungi perpustakaan/mencari referensi, dan menghadapi ujian terhadap nilai IPK yang dukelompokkan atas memuaskan, sangat memuaskan dan dengan pujian. Dan selanjutnya mengetahui apakah terdapat perbedaan perilaku belajar mahasiswa yang menggunakan media sosial tersebut berdasarkan IPK. Sampel yang dipilih sebanyak 300 mahasiswa perguruan tinggi kota Padang dengan batasan sudah memiliki akun media sosial minimal selama satu tahun. Hasil analisis regresi multinomial logit bahwa tidak ada pengaruh perilaku belajar terhadap nilai IPK dan dari hasil analisis Crosstab dengan uji Chi-Square bahwa tidak ada perbedaan perilaku belajar mahasiswa yang menggunakan media sosial berdasarkan nilai IPK. Diharapkan hasil ini dapat digunakan untuk penelitian lanjutan bagi perguruan tinggi dalam mendidik dan menciptakan lulusan yang berprestasi walaupun aktif dalam menggunakan media sosial.


Keywords


social media; learning behavior, GPA Score.

Full Text:

PDF INDONESIA

References


Chaplin, J. P. (1997). Kamus Lengkap Psikologi (Terjemahan Dr. Kartini Kartono) Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2012). Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Drakel, W. J., Pratiknjo, M. H., & Mulianti, T. (2018). Perilaku Mahasiswa Dalam Menggunakan Media Sosial Di Universitas Sam Ratulangi Manado. Holistik. Journal Of Social and Culture, 21A, 19-38. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/download/20559/20169

Fitri, M. E. Y. (2017b). Social Media Use by College Students Relationship to GPA. In Handoko (Ed.), Conference Proceeding of ACEBASS on Economic, Business, Accounting and Social Sciences (pp. 114–122). Padang: LPTIK Universitas Andalas.

Fitri, M. E. Y., & Chairoel, L. (2019). Penggunaan Media Sosial Berdasarkan Gender Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Benefita: Ekonomi Pembangunan, Manajemen Bisnis dan Akuntansi, 4(1), 162-181. Retrived from http://ejournal.kopertis10.or.id/index.php/benefita/article/view/3849/1263

Fitri, M. E. Y., & Marina, A. (2017). Evaluasi Prestasi Belajar Mahasiswa Terhadap Penggunaan Media Sosial. Jurnal Ekonomi & Bisnis Dharma Andalas, 19(1), 55–68. Retrieved from http://ojs.unidha.ac.id/index.php/edb_dharmaandalas/article/view/41/34

Ginting, C. (2003). Kiat Belajar di Perguruan Tinggi. PT Garsindo, Jakarta.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamzah, R. E. (2015). Penggunaan Media Sosial di Kampus Dalam Mendukung Pembelajaran Pendidikan. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 14(1), 45-70. Retrieved from http://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/89/43

Horton, James L (2009). PR and Social Media. Dokumen http://www.onlinepr.com/Holding/PR_and_Social_media.p df (Diakses 25 April 2012).

Malhotra, Naresh K.(2005). Riset Pemasaran Pendekatan Terapan. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Muhibbin Syah. 2008. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Dalam hal ini perilaku belajar berkaitan dengan hal-hal yang bersifat akademis.

Osharive, P. (2015). Social Media and Academic Performance of Students. Research Project submitted to Department of Educational Administration, 100302125.

Suwardjono. (2004). Perilaku Belajar di Perguruan Tinggi, Jurnal Akuntansi, edisi Maret, STIE YKPN: Yogyakarta.

Tarantino, K., McDonough, J., & Hua, M. (2013). Effects of student engagement with social media on student learning: A review of literature. The Journal of Technology in Student Affairs, 1(8), 1-8. Retrived from https://pdfs.semanticscholar.org/f8f4/a95942d1add8cd21c3acc83121e75b49975e.pdf

Yulianti, P., & Fitri, M. E. Y. (2017). Evaluasi Prestasi Belajar Mahasiswa terhadap Perilaku Belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis| e-ISSN: 2548-9836, 5(2), 242-251. Retrieved from https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAEMB/article/view/575/408

https://en.wikipedia.org/wiki/Technological_revolution#Potential_future_technological_revolutions, Updated 02.07.19


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mellyna Eka Yan Fitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by LLDIKTI Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera, Indonesia
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: [email protected]

E ISSN 2477-7862