Pengaruh Karakteristik Manajerial Terhadap Kinerja Baitul Maal Wat Tamwil Kota Padang Melalui Orientasi Stratejik



Yenni Del Rosa(1*), Imran Agus(2), Mohammad Abdilla(3)

(1) S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas
(2) S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas
(3) S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas
(*) Corresponding Author

Abstract


The purpose of this study was to determine the direct and indirect effects of managerial characteristics on BMT performance through a strategic orientation. This research is an explanatory type with a sample of 390 people by purposive sampling. The study was collected using a Likert-style questionnaire and analyzed by SEM method. Exogenous latent variables 7 indicators, endogenous latent variables 6 indicators and endogenous variables 3 indicators. Outer models and inner models meet for SEM analysis. The maximum contribution of each managerial characteristic variable is 93.1% for the indicator of market opportunity identification, the strategic orientation variable is 96.1% for the indicator of making unique products and the BMT performance variable is 97.5% for the sales indicator. Managerial characteristics had a significant positive direct effect on strategic orientation of 22.1%. Managerial characteristics did not have a significant positive direct effect on BMT performance of 7.6%. Strategic orientation has a significant positive direct effect on BMT performance by 32.9%.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan efek langsung dan tidak langsung dari karakteristik manajerial pada kinerja BMT melalui orientasi strategis. Penelitian ini adalah tipe eksplanatori dengan jumlah sampel 390 orang secara purposive sampling. Penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner gaya-Likert dan dianalisis dengan metode SEM. Variabel laten eksogen 7 indikator, variabel laten endogen 6 indikator dan variabel endogen 3 indikator. Model luar dan model dalam bertemu untuk analisis SEM. Kontribusi maksimum dari masing-masing variabel karakteristik manajerial adalah 93,1% untuk indikator identifikasi peluang pasar, variabel orientasi strategis 96,1% untuk indikator pembuatan produk unik dan variabel kinerja BMT adalah 97,5% untuk indikator penjualan. Karakteristik manajerial memiliki efek langsung positif yang signifikan terhadap orientasi strategis 22,1%. Karakteristik manajerial tidak memiliki pengaruh langsung positif yang signifikan terhadap kinerja BMT sebesar 7,6%. Orientasi strategis memiliki pengaruh langsung positif yang signifikan terhadap kinerja BMT sebesar 32,9%.



Keywords


managerial characteristics; strategic orientation; performance; karakteristik manejerial; orientasi stratejik; peforma

Full Text:

PDF INDONESIA

References


Brealey, R., Myers, S., & Allen, F. (2014). No Title (11th ed.). USA: Mc Graw Hill Inc.

Buchori, A., Himawan, B., Edi, S., & Nyimas, R. (2003). Di Indonesia. Buletin Ekonomi Moneter Dan Perbankan, 5(4).

Chaves, R. A., & Gonzalez-Vega, C. (1996). The design of successful rural financial intermediaries: Evidence from Indonesia. World Development. https://doi.org/10.1016/0305-750X(95)00114-R

Danupranata, G. (2013). Buku Ajar Manajemen Perbankan Syariah Gita Danupranata. Salemba Empat. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Entrialgo, M. (2002). The Impact of the Alignment of Strategy and Managerial Characteristics on Spanish SMEs. Journal of Small Business Management. https://doi.org/10.1111/1540-627x.00056

Ghozali, I. (2008). Structural Equation Modelling (4th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadinoto, S., & Retnadi, J. (2012). Micro Credit Challenge. Cara Efektif Mengatasi Kemiskinan dan Pengangguran Di Indonesia. Jakarta: Elex Media Computino.

Harvey, D. F. (1982). Business Policy and Strategic Management. Columbus, Ohio: Merrill Pub Co.

Olson P.D. (1987). Enterpreneurship and Management. Journal Of Small Business Management, 25(3).

Porter, M. E. (1998). Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance. The Free.

Ridwan, M. (2004). Manajemen Baitul Maal Wat Tamwil. Yogyakarta: UII Press.

Sarwono, J., & Narimawati, U. (2015). Membuat Skripsi, Tesis, dan Disertasi dengan Partial Least Square SEM (PLS-SEM). Yogyakarta: Andi.

Sholahuddin, M. (2006). Lembaga Keuangan dan Ekonomi Islam. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tovstiga, G., den Hamer, P., Popova, V. A., Efimov, I. P., Moskalev, S. V., & Bortnik, I. M. (2004). Preparing Russian Small Innovative Enterprises for International Competitiveness: A Scoping Study. Journal of International Entrepreneurship, 2(1/2).

Wheelen, T. L., & Hunger, J. D. (1996). Strategic management. Policy (Fifth). Boston: Addison-Wesley Pub. Company Inc.

World Bank. (2001). Word Development Report : Attackin Poverty.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Yenni Del Rosa, Imran Agus, Mohammad Abdilla

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by LLDIKTI Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera, Indonesia
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: [email protected]

E ISSN 2477-7862