Editorial Policies

Focus and Scope

Soumatera Law Review [SOUMLAW] adalah peer-reviewed journal dengan sistem double blind review.

SOUMLAW mendorong seluruh ahli hukum untuk turut berkontribusi melalui artikel dan/atau book review bertema hukum, baik publik maupun privat yang meliputi: Filsafat dan Teori Hukum, Perbandingan Hukum, Sosiologi Hukum, Hukum Internasional, Hukum Tata Negara, Hukum Perdata, Hukum Ekonomi dan Bisnis, Hukum Lingkungan, Hukum Pidana, Hukum Administrasi Negara, Hukum Teknologi, Informasi, dan Komunikasi, Hak Asasi Manusia, Hukum Islam dan Keluarga, Hukum Agraria serta ruangl lingkup ilmu hukum lainnya.

SOUMLAW terbit dua kali dalam satu volume, yakni di bulan April dan Oktober. SOUMLAW dikelola dan diterbitkan secara daring.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Sistem pengelolaan SOUMLAW secara garis besar dapat digambarkan sebagai berikut, kontributor jurnal menyerahkan artikel beserta dengan surat pernyataan orisinalitas artikel. Selanjutnya artikel yang diterima oleh redaksi, pertama kali akan dilakukan review teknis oleh asisten editor. Tahap berikutnya akan dilakukan double blind review oleh dua mitra bebestari. Mitra bebestari internal merupakan dosen di lingkungan Kopertis Wilayah X sesuai dengan bidang keilmuan terkait. Mitra bebestari eksternal, berasal dari Fakultas Hukum berbagai universitas di Indonesia. Review oleh mitra bebestari merupakan review secara substantif, sementara review format penulisan dilakukan oleh editor.    

Dalam mereview artikel, mitra bebestari mengacu pada panduan penilaian yang telah dipersiapkan oleh redaksi. Format penilaian tersebut meliputi orisinalitas ide atau gagasan yang diajukan, ketepatan teori yang digunakan dalam menganalisa permasalahan, termasuk juga sistematika penulisan artikel yang baik dan jelas. Elemen-elemen penilaian ini menjadi panduan mitra bebestari untuk memutuskan apakah artikel layak untuk dimuat, dimuat dengan perbaikan atau ditolak sama sekali. Setelah artikel melalui proses review oleh mitra bebestari, penulis diberi kesempatan untuk memperbaiki artikel sesuai dengan saran dari mitra bebestari. Selanjutnya akan dilakukan proof read secara kebahasaan.    

Artikel yang telah melalui semua proses diatas akan masuk ke sidang dewan redaksi untuk diputuskan status dan waktu penerbitannya. Proses berlanjut ke final editing dan desain layout untuk mencetak dummy. Pada dummy akan dilakukan final check, sebagai langkah terakhir sebelum dilakukan penerbitan.

 

Publication Frequency

SOUMLAW terbit dua kali dalam satu volume, yakni di bulan April dan Oktober. SOUMLAW dikelola dan diterbitkan secara daring.

 

Open Access Policy

Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung ke kontennya berdasarkan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk umum mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.  

Manfaat akses terbuka bagi penulis, meliputi:  

Akses gratis untuk semua pengguna di seluruh dunia Penulis mempertahankan hak cipta atas pekerjaan mereka
Meningkatkan visibilitas dan pembaca
Publikasi cepat
Tidak ada kendala spasial

 

Archiving

Jurnal ini menggunakan sistem LOCKSS untuk membuat sistem pengarsipan terdistribusi di antara perpustakaan yang berpartisipasi dan mengizinkan perpustakaan tersebut membuat arsip permanen jurnal untuk tujuan pelestarian dan pemulihan.
Soumlaw menyimpan kembali isu dan artikel terkini berikut gagasan LOCKSS untuk menyimpan banyak salinan barang kami di beberapa server agar mereka tetap aman.
Arsip disimpan di server repositori LLDIKTI Wilyah X, Koleksi Konten Lokal universitas dan semuanya dikirimkan secara digital ke Perpustakaan OneSearch Indonesia National National Library dan secara berkala dipanen oleh OCLC WorldCat.
Isu terbitan juga dikirim ke LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) untuk disimpan dalam gudangnya. Semua layanan penyimpanan arsip tersebut sebagian besar berbasis perangkat lunak open source dan terdaftar sebagai penyedia data.