PERANCANGAN APLIKASI SISTEM PAKAR MENENTUKAN TIPE BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR (STUDI KASUS SD KARTIKA 1-10 PADANG)



amri raldi(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


  1. Dengan metode Certainty Factor menggunakan  mesin inferensi Forward Chainning dapat menentukan nilai kepastian berdasarkan karakteristik -  karakteristik yang telah dipilih oleh pengguna dimana karakteristik tersebut memiliki nilai Certainty Factor.
  2. Dengan adanya aplikasi Sistem Pakar pengguna dapat mengetahui jenis tipe belajar yang dimiliki anak. Adapun dalam penelitian ini  hasil dari pencarian salah satu sampel data anak dengan melakukan proses CF yaitu anak tersebut memiliki tipe belajar auditorial dengan nilai kepastian sebesar 55 %. Dengan ini aplikasi Sistem Pakar telah dapat menentukan tipe belajar anak dengan besaran kepastian yang dimiliki berdasarkan kecerdasan yang dihasilkan oleh aplikasi Sistem Pakar.
  3. Dengan menggunakan mesin inferensi Forward Chaining,  langkah awal yang dilakukan dengan menelusuri karakteristik yang telah dipilih penggunasebelum menentukan hasil tipe belajar yang dimiliki oleh anak. Setelah menelusuri karakteristik yang telah dipilih, maka akan dilakukan proses perhitungan dalam metode Certainty Factor, dan penangan terhadap tipe belajar yang dimiliki anak dengan cara menerapkan strategi-strategi belajar yang telah di berikan sesuai dengan tipe belajar yang dimiliki anak.

Keywords


Sistem Pakar Certainty Factor

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Sains dan Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JSI Indexed by :

       

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: [email protected]

E ISSN 2502-096X | Print ISSN 2459-9549
 

 

      
Web
Analytics View My Stats