Produksi Pupuk Kompos Dari Sampah Rumah Tangga



Yuli Yetri, Ichlas Nur, Rahmi Hidayati

Abstract


Dengan melihat kondisi yang ada di Mentawai maka terjadilah kesepakatan bersama antara mitra bank sampah Siput Bisa dan bank sampah Polak Sikerey dengan tim Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Padang untuk mengolah sampah rumah tangga menjadi pupuk kompos. Kesepakatan ini dilakukan untuk pembuatan pupuk organik dengan memanfaatkan sampahrumah tangga dan limbah pertanian yang melimpah jumlahnya. Program ini didahului  dengan  penyuluhan  yang  melibatkan    unsur  terkait  yaitu: pengurus dan seluruh anggota kelompok PKK di desa Sipora Jaya kecamatan  Sipora Utara kepulauan Mentawai serta dibantu oleh Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) yang bertugas di wilayah tersebut. Penyuluhan  ini  diberikan  dalam  bentuk  ceramah dan diskusi mengenai berbagai aspek teknologi pembuatan pupuk organik. Demonstrasi pembuatannya dilakukan setelah diskusi dan penyuluhan kelompok dilaksanakan. Pembuatan pupuk organik dilakukan secara intensif dengan menggunakan sampah yang sudah dikumpul oleh bank Sampah Siput Bisa dan Polak Sikerey serta sisa limbah pertanian oleh kelompok tani. Sampah rumah tangga tersebut dicincang dan dicampur dengan digester EM4, kemudian ditumpuk dan dibiarkan 3 minggu dan setiap minggu dibalik.. Hasil kegiatan ini memberikan beberapa manfaat terutama dari segi ekonomis dan   pengembangan   iptek, diantaranya adalah lingkungan menjadi bersih dan mengurangi bau, lalat dan penyebaran mikroorganisme patogen atau penyebab penyakit pada manusia dan ternak. Dengan pengelolaan sampah menjadi pupuk organik akan mendapatkan hasil tambahan yang lebih besar, dan dengan bisanya masyarakat membuat pupuk organik/pupuk kandang/kompos maka akan mengurangi ketergantungan penggunaan pupuk anorganik.


Keywords


Sampah; limbah rumah tangga; Bank sampah; Organik; Kompos

Full Text:

PDF

Article Statistics

Abstract View : 0 Times
PDF : 0 Downloaded

References


El-Ahraf, A. and Willis, W.V., 1996. Management of Animal Waste: Environmental Health Problems and Technologycal Solution. Praeger, Westport, Connecticut, London.

Golouke, C.G. 1977. Biological Reclamation of Solid Waste. Rodale Press, Emmaus, PA.

Grabbe, K. 1975. Investigations on the procedure and the turn-over of organic matter by hot fermentation of liquid cattle manure. In: Manging Livestock Wastes. ASAE, St.Joseph, MI.

Kuhlman, L.R. 1990. Windrow composting of agricultural and municipal wastes. Resouces Conservation and Recycling,4: 151-160.

Taiganides, E.P. 1978. Animal waste Management and wastwater treatment. In: Animal Production.

Goenadi, D. H., 2004, Teknologi Konsumsi Pupuk yang Minimal, Kompas, 15 Mei 2004.

Hermawan, E. dan Astuti, F. D., 2007, Di Balik Label Organik., Agro Observer, November, 18-20.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Yuli Yetri, Ichlas Nur, Rahmi Hidayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by LLDIKTI Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: [email protected]

E ISSN : 2502-0943

Web
Analytics View My Stats