ANALISIS BENTUK KOHESI DAN KOHERENSI WACANA BERITA DALAM MAJALAH PANJEBAR SEMANGAT SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SMP



Heny Indriastuti Riza Fauzi, Edy Suryanto, Kenfitria Diah Wijayanti

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) bentuk kohesi berita berbahasa Jawa dalam majalah Panjebar Semangat, (2) bentuk koherensi berita berbahasa Jawa dalam majalah Panjebar Semangat, dan (3) relevansi hasil analisis  bentuk kohesi dan koherensi sebagai bahan pelajaran bahasa Jawa di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa data tertulis berita berbahasa Jawa dalam majalah Panjebar Semangat. Sumber data penelitian adalah dokumen dan informan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dengan cara analisis dokumen dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif. Simpulan: (1) Kohesi berita di majalah Panyebar Semangat berbentuk gramatikal dan leksikal. Unsur konjugasi mendominasi dalam kohesi gramatikal dibandingkan dengan unsur pengacuan, substitusi, dan pelesapan; sedangkan unsur repetisi mendominasi dalam kohesi bentuk dibandingkan dengan unsur sinonimi, antonimi, kolokasi, hiponimi, dan ekuivalensi; (2) Koherensi berita di majalah Panyebar Semangat jenis hubungan sebab-akibat lebih dominan dibandingkan dengan jenis hubungan sarana-hasil, alasan-sebab, sarana-tujuan, latar-kesimpulan, syarat-hasil, parafrasis, amplikatif, aditif-waktu, indentifikasi, generik-spesifik, dan ibarat; (3) Berbagai bentuk kohesi dan jenis koherensi berita di majalah Panyebar Semangat dinilai cocok dan layak dijadikan sebagai bahan pembelajaran bahasa Jawa bagi siswa SMP, baik dilihat dari aspek bahasa, budaya, filosofis, dan kurikuler.

 

Kata kunci: kohesi, koherensi, berita berbahasa Jawa, materi pembelajaran

Abstract

 The purpose of this research is describe: (1) cohession aspect in Javanese news in Panjebar Semangat magazine, (2) coherence aspect in Javanese news in Panjebar Semangat magazine, and (3) their relevance as learning material of Javanese class in Junior High School. This study is a descriptive qualitative study. The data of the study using writing data form Javanese news in Panjebar Semangat magazine. Sources of data in this study are documents and informants. Sampling technique in this research use purposive sampling. Data collection techniques are document analysis and interview. Data analysis ie interactive data analysis. Conclusion: (1) News cohesion in Panjebar Semangat magazine is grammatical and lexical. Conjugate elements dominate in grammatical cohesion compared to the elements of reference, substitution, and percolation; whereas repetition elements predominate in form cohesion compared to elements of synonymy, antonymy, collocation, hyponimi, and equivalence; (2) Coherence of news in Panjebar Semangat magazine of the type of causal relationship is more dominant than that of the means-of-means relationship, the causes, the means, the conclusion, the outcomes, the paradigms, the amplicatives, the additive-time, the identification, generic-specific, and like; (3) Various forms of cohesion and type of news coherence in Panyebar Semangat magazines are considered suitable and suitable as Javanese language learning materials for junior high school students, whether viewed from the aspects of language, culture, philosophy, and curricular.

Keywords: cohesion, coherence, Javanese news, learning materials


Keywords


kohesi, koherensi, berita berbahasa Jawa, materi pembelajaran

Full Text:

PDF PDF

Article Statistics

Abstract View : 0 Times
PDF : 0 Downloaded PDF : 0 Downloaded

References


DAFTAR PUSTAKA Aflahah.2012. “Kohesi dan Koherensi dalam Wacana”. Jurnal Okara. 1 (7), 9-18. Diperoleh pada 14 Mei 2017, dari https://www.ejournal. stainpamekasan. ac.id/index.php/okara/article/view/417. Ahmadi, I.K.; Amri, S.; & Elisah, T.2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka. Hamdani.2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. Iskandarwassid & Sunendar, D.2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya. Lubis, A.H.M.2011. Analisis Wacana Pragmatik. Bandung: Angkasa. Moleong, L.J.X. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Muda, D.I.2003. Jurnalistik Televisi Menjadi Reporter Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mulyana.2005. Kajian Wacana: Teori, Metode, dan Aplikasi Prinsip-Prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana. Nurfitriani; Bahry, R.; & Azwardi.2014. “Analisis Kohesi dan Koherensi dalam Proposal Mahasiswa PBSI Tanggal 23 Desember 2014”. Jurnal Sastra Indonesia 1 (1), 70-83. Pranowo.2014. Teori Belajar Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Rani, A.; Arifin, B.; & Martutik.2006. Analisis Wacana. Malang: Bayumedia Publishing. Sumadiria, H. AS.2006. Jurnalistik Indonesia Menulis Berita dan Feature Panduan Praktis Jurnalistik Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sumarlam.2003. Teori dan Praktik Analisis Wacana. Solo: Pustaka Cakra Surakarta. Sutopo. H.B .2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press. Wang, Y. & Guo, M.2014. “A Short Analysis of Discourse Coherence”. Journal of Language Teaching and Research. 5 (2), 460-465, Diperoleh pada 14 Mei 2017, dari www.academypublication.com/ issues/ past/ jltr/ vol05/02/27.pdf. Wedhawati; Nurlina, W.E.S.; Setiyanto, E.; Sukesi, R.; Marsono;, & Baryadi.2006. Tata Bahasa Jawa Mutakhir. Yogyakarta: Kanisius. Wijana, I.D.P. & Rohmadi, M.2011. Analisis Wacana Pragmatik: Kajian Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal KATA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY KOPERTIS WILAYAH X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera, Indonesia
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: [email protected]

E ISSN 2502-0706                                                     


View My Stats