ANALISA PENTINGNYA PEMAHAMAN LINTAS BUDAYA DALAM KELANCARAN BERKOMUNIKASI BAHASA INGGRIS PADA MAHASISWA JURUSAN BAHASA INGGRIS



Yuhendra, Yuhendra

Abstract


           Penelitian ini membahas tentang pentingnya pemahaman lintas budaya terhadap kelancaran berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada mahasiswa jurusan Sastra Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana pemahaman budaya barat berperan terhadap kelancaran berkomunikasi dalam bahasa Inggris pada mahasiswa. Teori yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah teori pragmatik khususnya Cross Cultural Pragmatics oleh Yule, yang melihat pentingnya pemahaman lintas budaya dalam berkomunikasi. Selanjutnya teori  lintas budaya oleh Hall tentang high vs low context juga digunakan pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan responden pada penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Bahasa Inggris yang barasal dari dua Sekolah Tinggi yaitu STBA Prayoga Padang dan STBA Haji Agus Salim Bukittinggi. Total jumlah sampel sebanyak 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki pemahaman yang bagus terhadap budaya Barat memiliki kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris yang bagus dan lancar. Dari total sampel, ada sebanyak 8 orang yang memiliki pemahaman yang bagus dan lancar dalam berkomunikasi. Sebanyak 6 dikategorikan memiliki pemahaman yang kurang bagus atau sedang terhadap budaya barat, sehingga komunikasi dalam bahasa Inggris juga kurang lancar. Selanjutnya, 6 orang hampir tidak memahami budaya barat dan berkomunikasi sangat tidak bagus atau buruk.


Keywords


budaya barat, pemahaman lintas budaya, komunikasi

Full Text:

PDF

Article Statistics

Abstract View : 0 Times
PDF : 0 Downloaded

References


Daftar Pustaka

Algeo, J. (2003). The Cambridge History of the Language. Cambridge: Cambridge University Press.

Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Beverley Hancock, E. O. (2009). An Introduction to Qualitative Research. The NIHR RDS EM / YH.

Global Citizenship. (n.d.). Retrieved October 21, 2015, from Ideas for Global Citizenship: http://www.ideas-forum.org.uk/about-us/global-citizenship

Jariya, A. I. (2012). Western Cultural Values and Its Implication on Management. South East Asian Journal of Contemporary Business, Economics and Law , 61-70.

Mahadi, T. S., & Jafari, S. M. (2012, September 17). Language and Culture. International Journal of Humanities and Social Science .

Narvaes, P. Language and Culture: an overview.

Newmark, P. (1988). A Textbook of Translation. UK: Prentice Hall.

Rising, B., & García-Carbonell, A. (2006). Culture and Communication. Georgia: College of Management Georgia , 23-40.

Scarino, A., & Liddicoat, A. J. (2009). Teaching and Learning Languages: A Guide. Carlton South Vic 3053, Australi: Curriculum Corporation.

Yule, G. (1996). Pragmatics. New York: Oxford University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal KATA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY KOPERTIS WILAYAH X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera, Indonesia
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: [email protected]

E ISSN 2502-0706                                                     


View My Stats