THE EFFECT BETWEEN COOPERATIVE LERANING AND LEARNING STYLE OF THE GERMANY WRITTING OUTCOM



Fauzan Adhima

Abstract


The aim of the study is to reveal the empirical data about the effect of cooperative learning and learning styles on the outcome of germany writting of SMA Negeri 42 Jakarta. The methodology used is the experimental method with a 2x2 factorial design. Data analysis performed by using two way variance analysis. The findings of the study demonstrated: 1)   The teaching cooperative leraning type STAD was higher than students who take cooperative leraning type Pair Cheks teaching. 2) The visual learning style was higher than students who have auditory learning style. 3) The students who take the teaching  cooperative leraning type Pair Cheks and have a visual learning style higher than students who take cooperative leraning type STAD and have a visual learning style . 4) The cooperative leraning type STAD and auditory learning style is higher than  cooperative leraning type Pair Cheks and have auditory learning styles. 5) The teaching cooperative leraning type STAD and have a auditory learning style was higher than the teaching cooperative leraning type STAD and have visual learning styles. 6) The cooperative leraning type Pair Cheks and have a visual learning style is higher than cooperative leraning type Pair Cheks and have auditory learning styles. 7) There is an interaction effect between  cooperative leraning  and learning style of the germany writting outcome.


 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif (tipe STAD dan tipe Pair Cheks) dan gaya belajar (visual dan auditori) terhadap keterampilan menulis bahasa Jerman Siswa SMA N 42 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain faktorial 2 X 2. Pengukuran keterampilan menulis bahasa Jerman menggunakan tes tulis sedangkan gaya belajar menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknkik analisis variansi (ANAVA) 2 jalur dan dilanjutkan dengan uji Tuckey untuk melihat interaksi antar kelompok.  Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) keterampilan menulis tipe STAD lebih baik dari pada tipe Pair Cheks, (2) gaya belajar visual lebih baik dari auditori, (3) gaya belajar auditori lebih baik menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dari pada tipe Pair Cheks, (4) keterampilan menulis bahasa Jerman kelompok siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih baik menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Pair Cheks dari pada tipe STAD, (5) Belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik diterapkan pada siswa yang memiliki gaya belajar auditori dari pada gaya belajar visual, (6) belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe Pair Cheks lebih baik diterapkan pada siswa yang memiliki gaya belajar visual dari pada auditori, dan (7) terdapat pengaruh interaksi antara pembelajaran kooperatif dan gaya belajar terhadap keterampilan menulis bahasa Jerman.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif (tipe STAD dan tipe Pair Cheks) dan gaya belajar (visual dan auditori) terhadap keterampilan menulis bahasa Jerman Siswa SMA N 42 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain faktorial 2 X 2. Pengukuran keterampilan menulis bahasa Jerman menggunakan tes tulis sedangkan gaya belajar menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknkik analisis variansi (ANAVA) 2 jalur dan dilanjutkan dengan uji Tuckey untuk melihat interaksi antar kelompok.  Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) keterampilan menulis tipe STAD lebih baik dari pada tipe Pair Cheks, (2) gaya belajar visual lebih baik dari auditori, (3) gaya belajar auditori lebih baik menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dari pada tipe Pair Cheks, (4) keterampilan menulis bahasa Jerman kelompok siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih baik menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Pair Cheks dari pada tipe STAD, (5) Belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik diterapkan pada siswa yang memiliki gaya belajar auditori dari pada gaya belajar visual, (6) belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe Pair Cheks lebih baik diterapkan pada siswa yang memiliki gaya belajar visual dari pada auditori, dan (7) terdapat pengaruh interaksi antara pembelajaran kooperatif dan gaya belajar terhadap keterampilan menulis bahasa Jerman.


Keywords


Auditory; Pair Cheks; STAD; Visual

Full Text:

PDF

Article Statistics

Abstract View : 0 Times
PDF : 0 Downloaded

References


DePorter. Bobbi dan Mike Hernacki. 2010. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Direktorat Pembinaan SMA. 2014 Pembelajaran Bahasa Jerman melalui Pendekatan Saintifik. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Menengah Depdikbud.

Huda. Miftahul. 2013. Cooperative Learning. Jogyakarta : Pustaka Pelajar

Kurniasih. Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena

Syarif dkk. 2009. Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Taufik. 2010. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Inti Prima.

Wofrum. Jutta. 2010. Kreatives Schreiben. Ismaning: Hueber Verlag.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal KATA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY KOPERTIS WILAYAH X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera, Indonesia
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: [email protected]

E ISSN 2502-0706                                                     


View My Stats