Komunikasi Interpersonal dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Bidan Puskesmas Jatinegara



Yesi Septina Wati(1*)

(1) STIKes Al-Insyirah
(*) Corresponding Author

Abstract


The midwife have sustainable contact with a patient so that the role of service obstetrics is the part most important things in the service puskesmas who is imagery and be his heart puskesmas to increase productivity work midwives of the means of increasing welfare puskesmas.The purpose of this research to know the influence of communication interpersonal and motivation, to labor productivity a midwife in puskesmas jatinegara 2016.The kind of research used is quantitative with the design research cross sectional.The sample were 45 people.The research results show 13.42 percent communication interpersonal and 9.12 percent motivation memepengaruhi labor productivity a midwife in puskesmas jatinegara, east jakarta.Influence between communication interpersonal and motivation show results have had a positive impact and significant with the t = 12.57.Expected puskesmas jatinegara make the program award these achievements.


Bidan mempunyai kontak yang berkelanjutan dengan pasien sehingga peran pelayanan kebidanan merupakan bagian yang terpenting dalam proses pelayanan puskesmas yang akan membentuk citra dan menjadi jantungnya puskesmas untuk meningkatkan produktifitas kerja bidan berarti meningkatkan kesejahteraan puskesmas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal danmotivasi, terhadap produktivitas kerja bidan di Puskesmas Jatinegara Jakarta Timur tahun 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian crosssectional. Sampel penelitian berjumlah 45 orang. Hasil penelitian menunjukkan13.42 persen komunikasi interpersonal dan 9.12 persentase motivasi memepengaruhi produktivitas kerja bidan di Puskesmas Jatinegara, Jakarta Timur. Pengaruh antara komunikasi interpersonal dan motivasi menunjukkan hasil penelitian diperoleh variabel Motivasi Kerja yang merupakan variabel paling berpengaruh positif, dengan T-statistik sebesar 9,12%. Diharapkan Puskesmas Jatinegara Jakarta Timur membuat program penghargaan atas prestasi kerja bidan disertai dengan membuat kebijakan insentif yang adil sehingga bidan lebih termotivasi dalam meningkatkan produktivitas kerjanya.


Keywords


Interpersonal Communication; Motivation; Productivity; The Midwife

Full Text:

PDF

References


style='mso-bidi-font-weight:normal'>

SymbolMT'>ADDIN

Mendeley Bibliography CSL_BIBLIOGRAPHY Depkes. (2006). Pedoman dasar puskesmas. jakarta: Kementrian Kesehatan Indonesia.

Depkes. (2010). Undang-undang kesehatan no. 36 tahun 2009 tentang kesehatan depkes RI tentang kebijakan dasar pusat kesehatan masyarakat. Indonesia.

Desai. (2011). Faktor-faktor yang berhubungan dengan produktifitas kerja perawat pelaksana diruang rawat inap rumah sakit umum daerah (RSUD). Skripsi Universitas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah.

Dwi, F. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi produktifitas kerja karyawan PT. Harmoni Mitra Utama. Surabaya. Skripsi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Surabaya.

Fatchurrochman, S. (2013). Pengaruh kompetensi bidan terhadap produktifitas kerja bidan. PT. Jamsostek (Persero) Cabang Medan. Skripsi.

KPPN. (2007). Badan penelitian dan pengembangan departemen kesehatan, hasil riset kesehatan dasar. jakarta: BPPN.

Lestari, W., & Lubis, R. (2014). Hubungan komunikasi interpersonal dengan produktivitas kerja pada keryawan costumer service bank tabungan negara Medan. Tesis.

Rahmawati, D. (2013). Pengaruh motivasi terhadap produktifitas kerja karyawan PT. Fajar Berlian Tulungagung. Tesis.

Santoso, M. A., Aziz, N., & Darsono, N. (2015). Pengaruh budaya organisasi, komitmen organisasi dan motivasi kerja terhadap produktifitas pegawai serta dampaknya pada kinerja badan investasi dan promosi. Tesis.

Sarwono. (2007). Statistik terapan menggunakan spss amos dan exel. jakarta: PT.elex media komputindo.

Suyudi. (2001). Pengetahuan dasar organisasi (Konsep-konsep dasar, teori, struktur, dan perilaku) (1st ed.). jakarta: Universitas Atmajaya.

style='font-size:12.0pt;line-height:107%;font-family:"Times New Roman",serif;

mso-fareast-font-family:SymbolMT;mso-ansi-language:IN;mso-fareast-language:

IN;mso-bidi-language:AR-SA'>




Copyright (c) 2019 Yesi Septina Wati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: [email protected]

E-ISSN : 2477-6521