HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG MAKANAN GIZI SEIMBANG DENGAN PENYEMBUHAN LUKA PERINEUM DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS SIPAYUNG INDRAGIRI HULU

abdul khodir jaelani

Abstract


Ibu nifas dengan luka perineum harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang perawatan luka supaya resiko infeksi masa nifas dapat dihindari. Selain itu status gizi seimbang ibu nifas juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan sejak masa kehamilan.  Status gizi seimbang yang baik  sangat dibutuhkan untuk memulihkan kesehatan ibu setelah melahirkan terutama untuk membantu pemulihan luka perineum. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu nifas tentang makanan gizi seimbang dengan penyembuhan luka perineum di wilayah kerja puskesmas sipayung. Jenis penelitian ini bersifat analitik observasional dengan pendekatan crossectional. Pengambilan data dilakukan secara prospektif (Oktober-Desember 2015). Populasi dalam penelitian ini adalah ibu-ibu nifas dengan luka perineum di Puskesmas Sipayung Indragiri Hulu. Pengambilan sampel dengan menggunakan total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang. Analisis data menggunkan uji univariat dan uji bivariat. Hasil penelitian diperoleh  pengetahuan ibu nifas tentang makanan gizi seimbang mayoritas adalah baik sebanyak 36 orang (60%), penyembuhan luka perineum pada ibu nifas mayoritas adalah baik sebanyak 35 orang (58%) dan  ada hubungan bermakna antara pengetahuan ibu nifas tentang makanan gizi seimbang dengan penyembuhan luka perineum (Pvalue <0,05) (Pvalue=0,038).


Full Text:

PDF INDONESIA

References


Aditya, R.N., Elliana, D., 2013. Hubungan Pengetahuan Ibu Nifas Tentang Gizi Dengan Proses Penyembuhan Luka Perineum Di Bpm Ny. Nur Aeni Farida Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Akademi Kebidanan Abdi Husada Semarang. Vol 3.

Anonim, 2015. Kementrian Profik Kesehatan Indonesia 2014. Kementrian RI

Herawati, P., 2010. Hubungan Perawatan Perineum Dengan Kesembuhan Luka Perineum Pada Ibu Nifas Hari Keenam Di Bidan Praktik Swasta (BPS) Ny. Sri Suhersi Mojokerto Kedawung Sragen. Program Studi DIV Kebidanan Fak. Kedokteran. Universitas. Sebelas. Maret Surakarta.

Notoatmodjo, S., 2003. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta Jkt.

Nursalam, Pariani, S., 2002. Pendekatan Praktis Metodologi Riset Keperawatan. Salemba Medika Jakarta.

Prawirahardjo, S., 2005. Ilmu Kebidanan. Yayasan Bina Jakartat.

Retna, A.E., 2010. Asuhan Kebidanan Nifas. Nusa Medika.

Smeltzer, Suzanne C., Bare, B.G., 2002. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Brunner Dan Suddarth. EGC Jakartat. Vol 12.




DOI: http://dx.doi.org/10.22216/jen.v2i1.1120

Copyright (c) 2017 Jurnal Endurance

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by Kopertis Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: [email protected]

E-ISSN : 2477-6521
Copyright (c) 2017 Kopertis Wilayah X (Sumbar, Jambi, Riau dan Kep. Riau)