AN ANALYSIS OF THE STUDENTS’ READING COMPREHENSION IN COMPREHENDING DESCRIPTIVE TEXT



SUKARTA - KARTAWIJAYA

Abstract


Penelitian ini adalah teks deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan siswa dalam memahami teks deskriptif pada kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Penuh tahun ajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Penuh.

Jumlah populasi adalah 144 siswa, dan dibagi menjadi beberapa kelas. Sampel diambil dengan teknik cluster sampling. Dalam kasus ini, salah satu dari dua kelas akan menjadi sampel dan akan dipilih secara acak karena ada beberapa kelas yang homogeny karena mereka diajar oleh guru yang sama dengan materi yang sama. Jadi untuk melihat homogenitas populasi, penulis menggunakan rumus Fisher.

Data penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam memahami teks deskriptif. Ini difokuskan pada struktur generik dan informasi spesifik. Data dikumpulkan dengan menggunakan uji bacaan. Sebelum penulis memberikan tes baca ke sampel, tes tersebut diujicobakan. Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas uji, penulis menggunakan rumus Pearson Product Moment dan Spearman-Brown. Ditemukan bahwa reliabilitas uji korelasi tinggi (0,61).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa dalam memahami teks deskriptif rendah. Bisa dilihat dari data, mayoritas siswa mendapat skor tinggi adalah 4,76%, dan total skor rendah adalah 33,33%.

Berkaitan dengan hasilnya, penulis menyarankan agar siswa mempraktikkan kemampuan membaca mereka secara khusus dalam teks deskriptif. Jika mereka berlatih lebih banyak, mereka akan memiliki kemampuan membaca yang baik. Kepada guru bahasa Inggris, penulis menyarankan untuk memberikan lebih banyak penjelasan dan latihan untuk siswa yang terkait dengan teks deskriptif. Kemudian untuk peneliti lainnya, penulis menyarankan untuk mempelajari kesulitan siswa dalam teks deskriptif.


Keywords


Pemahaman Membaca, Teks Descriptive

Full Text:

PDF

Article Statistics

Abstract View : 0 Times
PDF : 0 Downloaded

References


Arikunto, s. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Brown, H Douglas. 2004. Language assessment: principles and classroom practice. USA. San Fransisco State University

Gay, L. R. 1987. Educational Research: Competencies for Analysis and Application. New York: Merrill Publishing Company.

Khand, Ziauddin. 2004. Teaching Reading Skills: Problems & Suggestionw. Journal of Research (Faculty of Language & Islamic Studies) 2004 Vol 5. Accessed on June 01st 2017 at http: www.teachingreading.html.

Nunan, David, 2003. Practical English Language Teaching. New York: McGraw – Hill Companies, Inc.

Richard, Jack C and Schmidt Richard. 2002. Dictionary of language teaching and applied linguistic 3rd edition. Malaysia: Pearson Education limited.

Snowball, Diane. 2006. Teaching Comprehension: An Interactive Professional Development Course. Published by AUSSIE Interactive, Port Washington, New York at www.AussiePD.com on June 01st 2017.

Wallace, Catherine. 1992. Reading. London: Oxford University Press.

Wikipedia. 2010. Reading Comprehension. Taken from http://www.wikipedia.html//. Accessed on June 01st 2017.

Wishon George.E & Burk, Julia.M. 1968. Let’s Write English. Litton Educational Publishing, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 SUKARTA - KARTAWIJAYA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by Kopertis Wilayah X

Jalan Khatib Sulaiman Padang
Sumatera Barat
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: [email protected]

e-ISSN : 2502-0714
View My Stats