Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp



al ikhlas

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika siswa, korelasi  antara gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika siswa, dan pengaruh interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan gaya kognitif siswa terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VIII (Delapan) SMP Negeri 7 Kerinci tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian eksperimen semu dengan menerapkan desain faktorial 2 × 2. Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri 7 Kerinci Kelas VIII Semeseter genap tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen berjumlah 32 orang siswa dan kelas kontrol berjumlah 31 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan dua macam instrumen yakni intrumen Group Embedded Figures Test (GEFT) untuk mengukur gaya kognitif siswa dan instrumen tes hasil belajar matematika siswa dalam bentuk essay. Hasil analisis data dan uji statistik menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah  dan  gaya  kognitif  berpengaruh terhadap hasil belajar matematika, terdapat  korelasi  antara  gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika, tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika  siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru, khususnya guru matematika agar penerapan model pembelajaran berbasis masalah  dikembangkan sebagai satu inovasi dalam proses belajar mengajar.


Keywords


Kata Kunci : Model pembelajaran berbasis masalah, konvensional, gaya kognitif dan hasil Belajar.

Full Text:

PDF

Article Statistics

Abstract View : 0 Times
PDF : 0 Downloaded

References


Aprianti, M., 2015, Pengaruh strategi pembelajaran yang berorientasi pada masalah matematika di tinjau dari keterampilan metakognisi siswa SMP Negeri 24 Kota Jambi tahun 2015, makalah disajikan pada seminar Nasional Pendidikan Matematika 2015 yang bertema “Revolusi mental melalui pendidikan hati untuk mewujudkan pembelajaran matematika yang menyenangkan”, Mei 16, Palembang, Universitas Sriwijaya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Depdiknas. 2006. Permen 22 Th.2006-Standar Isi, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Matematika SMA-MA. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Diknas. Hikmawati, 2013, Pengaruh penggunaan media pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah, Tesis, Universitas Jambi, Jambi. Husdarta, J. Y. M., 2013. Belajar dan pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan. Bandung: ALFABETA. Kosasih., 2015. Strategi belajar dan pembelajaran implementasi kurikulum 2013. Bandung: YRAMA WIDYA. Ngilawajan, D. A., 2013. Proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika materi turunan ditinjau dari gaya kognitif Field independent dan field dependent. Pedagogia, 2(1): 73-74. Rahmatika, S., 2014. Tingkat berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif refleksif dan impulsif. Didaktik matematika, 1(1): 64. Rahman, A., 2008. Analisis hasil belajar matematika berdasarkan perbedaan gaya kognitif secara psikologis dan konseptual tempo pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Makassar. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 14(072): 454-460. Putra, A., Murti, B., dan Suriyasa, P. 2013. “Hubungan Gaya Kognitif dan Penalaran Verbal dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Anatomi II pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Fakultas Olahraga Dan Kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha)”. Jurnal Magister Kedokteran Keluarga, Volume 1 No. 1 pp. 92-103. Rufi'i, 2011, Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap perolehan belajar prosedur statistika, Tesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Jawa Timur. Suhana, C., 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama. Sulani, P., 2014. Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran sejarah. Pendidikan Sejarah, 3(2): 10-15. Una, M. 2013. “Hubungan antara Gaya Kognitif Siswa dengan Hasil Belajar Matematika (Suatu Penelitian Survei dengan Pendekatan Korelasional pada Siswa VIII di SMP Negeri 1 Tilong Kabila Tahun Pelajaran 2012-2013)”. Skripsi. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo. Yamin, M. 2013. Desain Baru Pengajaran Konstruktivistik. Jambi: Referensi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 al ikhlas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by Kopertis Wilayah X

Jalan Khatib Sulaiman Padang
Sumatera Barat
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: [email protected]

e-ISSN : 2502-0714
View My Stats