Increasing Persistence of Collage Students in Science Technology Engineering and Mathematic (STEM)



Adelia Alfama Zamista

Abstract


Penulisan makalah ini didasarkan pada hasil studi literatur, jurnal dan temuan penelitian tentang persistensi dan pendidikan science, technology, engineering, dan mathematic (STEM). Dari hasil kajian teori diketahui bahwa pendidikan STEM merupakan bentuk pendidikan yang paling sesuai untuk mempersipkan generasi yang literasi terhadap STEM demi menjawab tuntutan zaman dan perkembangan teknologi. Namun masih sedikit peserta didik di Indonesia bahkan mahasiswa yang mengambil jurusan teknik yang menyadari pentingnya STEM. Umumnya hal ini disebabkan karena rendahnya persistensi mahasiswa terhadap STEM. Persistensi merupakan kegiatan yang dilakukan secara sukarela untuk mencapai tujuan meski menghadapi berbagai kendala. Persistensi yang tinggi dan positif akan suatu hal sebanding dengan motivasi dan kepercayaan diri seseorang untuk mencapai tujuannya. Berdasarkan kajian teori persistensi yang tinggi dan positif terhadap STEM dan pendidikan STEM akan meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang kemudian akan meningkatkan mutu lulusan.


Keywords


persistensi, STEM, pendidikan STEM

Full Text:

PDF

Article Statistics

Abstract View : 0 Times
PDF : 0 Downloaded

References


Bybee, R. (2013), The case for STEM education: Challeges and Opportunity, NSTA press; Arlington, Virginia.

Graham, M.J, et all. (2013). Increasing Persistence of Collage Student in STEM. Journal of Science Vol 341 hal 1455-1456. www.scienmag.org

Seligman & Peterson. (2004). Strenghts of Character and Well-Being. Journal of Social and Clinical Psychology Vol. 23, No. 5, 2004, hal. 603-619.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Adelia Alfama Zamista

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by Kopertis Wilayah X

Jalan Khatib Sulaiman Padang
Sumatera Barat
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: [email protected]

e-ISSN : 2502-0714
View My Stats