Submission

Manajemen Penerbitan akan melibatkan tujuh peran untuk merampungkan bisnis proses OJS dari Submission sampai dengan Publish. Ketujuh peran tersebut antara lain: Author, Editor, Section Editor, Reviewer, Copy Editor, Layout Editor, dan Proofreader

Penulis (Author)

Penulis dapat mendaftar dan mengirim artikel pada jurnal secara langsung lewat website jurnal. Penulis mengunggah file artikel serta menyediakan informasi yang berkaitan dengan artikel agar memudahkan pencarian informasi secara online baik untuk kepentingan penelitian maupun jurnal itu sendiri.

Penulis juga dapat mengunggah file tambahan seperti gambar dan data yang mendukung artikel. Disamping itu penulis dapat melacak pengiriman artikel yang sedang diproses dan berpartisipasi dalam penyuntingan bahasa dan pengoreksian versi akhir dari artikel yang dikirim dengan cara login menggunakan username dan password yang dimiliki.

 

Editor

Editor melaksanakan tugas mengatur penyuntingan secara menyeluruh dan memproses penerbitan. Pada proses penyuntingan, Editor mendelegasikan naskah yang telah masuk ke ke Editor Bagian untuk diproses review dan editing. Editor dapat memantau keseluruhan proses dari halaman user home editor.

Tugas lain dari seorang Editor adalah mengatur edisi (issue) yang akan diterbitkan. Editor akan bertanggung jawab untuk membuat issue, mengatur Daftar Isi di setiap issue, serta menjadwalkan publikasi dari issue yang telah siap terbit.

Untuk memulai penyuntingan, Editor harus login ke OJS sehingga muncul tampilan halaman utama sebagai Editor seperti Gambar berikut.

Setelah login, Editor dapat melihat status artikel yang sudah dikirimkan oleh penulis. Status artikel dikategorikan sebagai Unassigned (belum diproses), In Review (sedang direview), In Editing (sedang diedit) dan Archives (arsip).