PENGARUH INOVASI PRODUK DAN KINERJA PEMASARAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (Studi Kasus Industri Kecil dan Menengah Batik Kerinci)



Intan Sherlin

Abstract


ABSTRAK :

Intensitas kompetisi di pasar dapat mendorong perusahaan batik untuk mengupayakan inovasi yang tinggi guna meraih keunggulan yang kompetitif yang berkelanjutan atas pesaingnya karena dapat menghasilkan kinerja pemasaran yang optimal, sehingga dengan inovasi dapat memperluas basis pasar lokal dan ditingkatkan untuk preferensi lokal tertentu, dengan tujuan penelitian adalah melihat pengaruh dan besarnya pengaruh inovasi produk dan kinerja pemasaran terhadap keunggulan bersaing secara simultan dan parsial, dan Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara inovasi produk, dan kinerja pemasaran terhadap keunggulan bersaing produk batik Kerinci.

Kata Kunci : pengaruh inovasi produk, kinerja pemasaran, keunggulan bersaing.


Full Text:

PDF INDONESIA

Article Statistics

Abstract View : 0 Times
PDF INDONESIA : 0 Downloaded

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian edisi revisi. Jakarta : PT.Rineka Cipta.

Ferdinand, A.T., (2000), Manajemen Pemasaran : Sebuah Pendekatan Stratejik, Badan Penerbit Universitas Diponegoro (2004), “Strategic Selling-In Management : Sebuah Pendekatan Pemodelan Strategi”, Research Paper Series

Ferdinand, Augusty, 2000, “Manajemen Pemasaran : Sebuah Pendekatan Stratejik”, Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Semarang.

Ferdinand, Augusty, 2002, “Marketing Strategy Making: Proses dan Agenda

Penelitian”, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol.1 No, 1, p. 1-22.

Ghazali, Imam. 2007. Penelitian Statistik SPSS. Jakarta : Grafindo Persada.

Jurnal Penelitian dilakukan oleh Nur Farih Hakim (2006) “Strategi Peningkatan Keunggulan Bersaing Berkelanjutan melalui Kinerja Tegnologi Informasi dan Inovasi Tegnologo (Studi Empiris pada Perusahaan Jasa Konstruksi Swasta Skala Besar di Indonesia)”

Pinta Gustina Masda, 2012, “Pengaruh Inovasi Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Galamai di Kota Payakumbuh”.

Ginanjar Suendro, 2012, “Analisis Pengaruh Inovasi Produk melalui Kinerja Pemasaran untuk mencapai Keunggulan Bersaing Berkelanjutan (Studi Kasus pada Industri Kecil dan Menengah Batik Pekalongan)”.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasan. Jakarta : PT.Prenhallindo.

Kotler, Philip. Gary Amstrong. 2001. Dasar-dasar Pemasaran Edisi ke-9 Jilid 1. Jakarta : PT.Salemba Emban Patria.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran (terjemahan) Edisi Millenium, jilid 1. Jakarta : PT. Prenhallindo

Kotler, Philip. 2003. Marketing Management, 11th edition. New Jersey : Prentice Hall.

Kotler, Amstrong, 2004. Prinsip-prinsip Marketing, edisi-7. Jakarta : Salemba Empat.

Mardiyanto, Agus, 2002, “Studi Mengenai Kreativitas Program dan Kinerja Pemasaran”, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, p. 57-78.

Prasetya, Dicky Imam, 2002, “Lingkungan Eksternal, Faktor Internal, dan Orientasi Pasar Pengaruhnya terhadap kinerja Pemasaran”, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. 1, No. 3, p. 219 -240.

Sugiyono. 2005. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Voss, Zannie Giraud, Glenn B Voss, (2000), “Strategic orientation and firm performance in an artistic environment”, Journal of Marketing, Chicago: Jan 2000. Vol. 64, Iss. 1; pg. 67, 17 pgs

Voss GB dan Voss ZG, 2000, “Strategic Orientation and Firm Performance in an

Artistic Environment”, Journal of Marketing, Vol. 64, p. 67-83.

Winardi. 1995. Kamus Ekonomi. Jakarta: Mandar Maju.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Benefita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by Kopertis Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera, Indonesia
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: [email protected]

E ISSN 2477-7862                                                     

Copyright (c) 2017 by Kopertis Wilayah X - Jurnal Benefita