IDENTIFIKASI JIWA KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA



nofrizal rizal, fatkhur rahman

Abstract


Penelitian dengan judul identifikasi jiwa kewirausahaan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning memiliki tujuan jangka panjang adalah sebagai dasar penelitian berkaitan dengan program pengembangan jiwa kewirausahaan mahasiswa yang menjadi basis unggulan lulusan yang diharapkan dapat menopang perekonomian nasional dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan menggerakkan sector riil. Sedangkan yang menjadi target jangka pendeknya adalah mahasiswa sebagai sasaran pelayanan Fakultas Ekonomi diharapkan mendapatkan gambaran keberhasilan secara dini akan program yang dibuat selama ini.         Jiwa kewirausahaan merupakan semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar. Sampai sejauhmana keberhasilan Fakultas Ekonomi melaksanakan program kewirausahaannya ini akan diteliti dengan membandingkan jiwa kewirausahaan mahasiswa semester awal dalam hal ini adalah semester II dan dibandingkan dengan jiwa kewirausahaan semester VIII, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan menggunakan kuesioner dan sampel diambil secara proporsional random sampling dan dianalisa dengan menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan jiwa kewirausahaan dan berarti hipotesis penelitian diterima dan ini membuktikan bahwa melalui pembelajaran yang diberikan di kampus memberikan perubahan dalam kewirausahaan mahasiswa.

Keywords


Jiwa Kewirausahaan

Full Text:

PDF INDONESIA

Article Statistics

Abstract View : 0 Times
PDF INDONESIA : 0 Downloaded

References


Ahadiat, 2007, Kewirausahaan. From : http://devindo. Word press.com/2007/03/02/Kewirausahaan Dalam Berbagai Perspektif. (Accesed, 19 Maret 2008).

Alma, Buchari, 2007, Kewirausahaan, edisi revisi, Alfabeta, Bandung.

Dewanti, 2008, Kewirausahaan, Mitra Wacana Media. Jakarta.

Hendro dan Candra, 2006, Be a Smart and Good Entrepreneur. CLA Pub. Dan Universitas Bina Nusantara.

Kasmir, 2007, Kewirausahaan, PT RajaGrafindo Perkasa, Jakarta.

Lupiyoadi, 2007, Entrepreneurship From Mindset to Statesy : Buku Pegangan mata kuliah Kewirausahaan, : LPFEVI, Jakarta.

Saiman, Leonardus, 2009, Kewirausahaan, Teori, Praktik dan Kasus-kasus, Salemba Empat, Jakarta.

Sulaiman, Suhendar, 2013, Cara Mudah Menjadi Wirausahawan Sukses, Bahan Ajar Mata Kuliah Kewirausahaan, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Suryana, 2006, Kewirausahaan : Pedoman Praktis Kiat dan Sukses Menuju Sukses. Salemba Empat. Jakarta.

Syahza & Indrawati, 2007, Privatization and Entrepreneurial Transformation : Emerging Issues and a Future Reseach Agenda, Academy of Management Review, 25: 509 – 524.

Z.Heflin Frinces, 2011, Be An Entrepreneur. Graha Ilmu. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Benefita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by Kopertis Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera, Indonesia
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: [email protected]

E ISSN 2477-7862                                                     

Copyright (c) 2017 by Kopertis Wilayah X - Jurnal Benefita