PENGARUH NISBAH BAGI HASIL TERHADAP PREFERENSI MASYARAKAT MEMILIH PRODUK-PRODUK PENDANAAN PADA PERBANKAN SYARIAH DENGAN FAKTOR FINANCIAL LITERACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING



Febby Irfayunita(1*), Miswardi Miswardi(2), Hesi Eka Puteri(3)

(1) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi
(2) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi
(3) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi
(*) Corresponding Author

Abstract


This study investigates whether the profit-sharing system affects the  preferences of choosing  the funding product at Islamic Banks and if so , whether the effect is mediated by financial literacy.  Using a sample of  385 customers of Islamic banks in Tanah Datar district, under condition 2018, this study reveals that the profit-sharing system and financial literacy is positively associated with  the  preferences of choosing funding products. This study proves that this association is significantly  mediated by financial literacy. This finding offer the empirical evidence of the importance of financial literacy on the relationship between the profit-sharing system and the  preferences of choosing  the funding product. It indicates that the system of profit sharing in Islamic banks will not make people turn to Islamic banks without education of the Islamic financial system itself. Furthermore, this research recommends strategy of increasing market share of Islamic Bank by increasing public’s finance literacy

Studi ini mengalisis apakah sistem bagi hasil mempengaruhi preferensi memilih produk pendanaan di Bank syariah dan apakah dimediasi oleh literasi keuangan. Dengan menggunakan sampel 385 nasabah bank syariah di Kabupaten Tanah Datar, pada tahun 2018, penelitian ini mengungkapkan bahwa sistem bagi hasil dan literasi keuangan terkait secara positif dengan preferensi memilih produk pendanaan. Studi ini membuktikan bahwa asosiasi ini secara signifikan dimediasi oleh literasi keuangan. Temuan ini menawarkan bukti empiris tentang pentingnya literasi keuangan pada hubungan antara sistem bagi hasil dan preferensi memilih produk pendanaan. Ini menunjukkan bahwa sistem bagi hasil di bank syariah tidak akan membuat orang beralih ke bank syariah tanpa pendidikan dari sistem keuangan syariah itu sendiri. Selanjutnya, penelitian ini merekomendasikan strategi meningkatkan pangsa pasar Bank syariah dengan meningkatkan literasi keuangan publik.



Keywords


financial literacy; islamic bank; preferences; profit sharing

Full Text:

PDF INDONESIA

References


Hukum Perbankan Syariah. Jakarta: Sinar Grafika.Antonio, M. S. (2001). Bank Syariah Dari Teori ke Praktik.Jakarta: Gema Insani Press.

Bashir, M. S. (t.thn.). Analysis of Customer Satifaction with the Islamic Bankig Sector: Case of Brunei Darussalam. Asian Journal of Business Management Sciences, 47.

Chen, H., & Volpe, R. P. (1998). An Analysis of Personal Financial Literacy Among Collage Students. Financial Service Review, 107-128.

Daulay, R. (2010). Analisis Pelayanan dan Bagi Hsail Terhadap Keputusan Menabung Pada Bank Syariah di Kota Medan. Manajemen dan Bisnis, 10.

Ghozali, I. (2006). Struktural Equation Modelling Metode Alternatif dengan Partial Least Square PLS. Semarang: Penerbit UNDIP.

Hakim, C. M. (2010). Belajar Mudah Ekonomi Islam: Catatan Kritis Terhadap Dinamika Perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia. Jakarta: Shuhuf.

IBI, T. P. (2001). Konsep, Produk, dan Implemetasi Operasional Bank Syariah. Jakarta: Djambatan.

Khasanah, Y., & Gunawan, I. (2013). Pengaruh Sistem Bagi Hasil Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah di Kota Cirebon. Edunomic, 9.

Kotler, P. (2002). Pemasaran di Indonesia: Analisi Perencanaan dan Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Manurung, A. (2009). Succesfull financial planer a complete guide. Jakarta: Grasindo.

Muhammad. (2012). Teknik Perhitungan Bagi Hasi dan Pricing di Bank Syariah. Yogyakarta: UII Press.

Noor, F., & Sanrego, Y. D. (t.thn.). Preferensi Masyarakat Pesantren Terhadap Bak Syariah (Studi Kasus DKI Jakarta). Jurnal Tazkia Islamic Business dan Financial Review, 66.

Rahmawati, A. (2014). Pengaruh Persepsi tentang Bank Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk di BNI Syariah Semarang. Addin, 1-28.

Rizkina, Y. P., & Kartini. (2017). Analisis Tingkat Financial Literacy dan Financial Behavior Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Jurnal Mandiri Universitas Islam Indonesia.

Rosulong, I. (2011). Pemahaman Nasabah Tentang Konsep Mudharaba (Studi Pada BMT Anugerah Abadi Makasar). Jurnal Ilmu Ekonomi Balance, 40.

Sholihin, M., & Ratmono, D. (2013). Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 3.0 untuk Hubungan Nonlinier dan Penelitian Sosial dan Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Vebitia, & Bustam. (2017). Analisis Preferensi Masyarakat Terhadap Prinsip Bagi H?asil Pada Bank Sayariah di Wilayah Banda Aceh. JIMEKA, 98.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Febby Irfayunita, Miswardi, Hesi Eka Puteri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by LLDIKTI Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera, Indonesia
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: [email protected]

E ISSN 2477-7862