STRATEGI DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT



Trio Saputra, Wasiah Sufi

Abstract


This research is expected to reach the service oriented library to the visitor. With the strategies undertaken to overcome the obstacles and shortcomings that occur. This research uses descriptive qualitative research methods and data collection techniques using observation, interviews, documentation. Informants in this research is the head and staff of UPT Library archive and documentation of Bukit Batu district Bengkalis District and visitors and community leaders in the library environment. In the data analysis used descriptive method that describes the Theory with the objective conditions and information on the results of interviews combined with the data of researchers in accordance with the results of field observation. Library Management at UPT Library Archives and Documentation District Bukit Batu Bengkalis Regency is not running optimally. Factors that become obstacles in providing services to visitors such as facilities and infrastructure that are not complete, the number and quality of human resources Librarian is not adequate.

 

Penelitian ini diharapkan tercapainya pelayanan perpustakaan yang berorientasi kepada pengunjung. Dengan strategi-strategi yang dilakukan dapat mengatasi hambatan dan kekurangan yang terjadi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Informan dalam penelitian ini  adalah adalah kepala dan pegawai UPT Badan perpustakaan arsip dan dokumentasi kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis dan pengunjung serta tokoh masyarakat dilingkungan perpustakaan. Didalam Analisa data digunakan metode Deskriptif yaitu menggambarkan Teori dengan kondisi objektif serta informasi hasil wawancara digabungkan dengan data peneliti sesuai dengan hasil observasi dilapangan. Pengelolaan Perpustakaan pada UPT Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis tidak berjalan secara optimal. Faktor-faktor yang menjadi kendala dalam memberikan pelayanan kepada pengunjung diantaranya adalah sarana dan prasarana yang tidak lengkap, jumlah dan kualitas SDM Pustakawan yang belum memadai.


Keywords


education; management; service; and strategy

Full Text:

PDF INDONESIA

Article Statistics

Abstract View : 0 Times
PDF INDONESIA : 0 Downloaded

References


Budaya, I. (2017). Pemasaran Internal Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Stie Sakti Alam Kerinci. Jurnal Benefita, 2(2), 102-109.

Haryono, G. (2017). Pengaruh Kepuasan Atas Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pengunjung Pada Taman Wisata Bukit Khayangan Kota Sungai Penuh. Jurnal Benefita, 2(3), 169-178.

Lena dan Lina. 2008. Manajemen Strategi operasi Teori dan riset di Indonesia. Bandung: Alfabeta

Satriadi, D. (2017). Perbandingan Kualitas Pelayanan Antara Perpustakaan Provinsi Kepri Dengan Kota Tanjung Pinang. Jurnal Benefita, 2(3), 288-298.

Satriadi, D. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Benefita, 1(3), 123-133.

Saputra, T. (2016). Kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik (studi kasus kantor Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar). Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, 4(2), 89-100.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sulistio. 1994. Pengantar Ilmu perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka

Sumardi. 1998. Pengelolaan perpustakaan di Indonesia. Bandung: FKIP Bandung

Sutarno, N.S. 2005. Tanggung jawab perpustakaan. Jakarta: Penerbit Panta Rei

Siswadhi, F. (2017). Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Karyawan Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Kerinci Terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal Benefita, 1(3), 177-183.

Siswadhi, F., & Ahmad, M. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Dan Karakteristik Pegawai Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Di Dinas Perhubungan Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Kerinci. Jurnal Benefita, 2(2), 132-140.

Wendel, Laura. 2000. Perpustakaan Untuk Kita Semua. Jakarta: Penerbit Coca Cola Foundation

Yahyo, Y. 2001. Layanan perpustakaan dan Informasi. Jakarta: Depdiknas


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Trio Saputra, Wasiah Sufi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by LLDIKTI Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera, Indonesia
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: [email protected]

E ISSN 2477-7862