Peran Kepercayaan Memediasi Hubungan Promosi Politik dan Citra Kandidat Terhadap Keputusan Pemilihan Kepala Desa



Melifia Liantifa(1*)

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci
(*) Corresponding Author

Abstract


The purpose of the research was to investigate the intervening effect of trust on the relationship between political promotian and candidate image and selection decision of The Rural Districts Major in Siulak Kecil Hilir. The research of sample was all constituents who used voting rights in the Period of 2016 which accounted for 263 constituents using simple random sampling method. Data was colected through questionnaire with Likert’s scale which analysis using deskriptive qualitative and quantitative as test of validity and reliability, coefisien of determination, hypothesis testing performs hierarchical regression analysis by processing the data using SPSS 19.0 for windows. The result of analysis found that: a) political promotian and candidate image significantly influeced constituens trust and  selection decision of The Rural Districts Major in Siulak Kecil Hilir. b) Constituens trust significantly influeced selection decision. While, c) Constituens trust was  found as intervening variable between political promotian and candidate image and selection decision of The Rural Districts Major in Siulak Kecil Hilir. The research findings provide practical contribution especially for candidates The Rural Districts Major to future  to consider constituents trust and enhancing both political promotion and candidate image.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan sebagai variabel pemediasi promosi politik dan citra kandidat terhadap keputusan pemilihan Kepala Desa Siulak kecil Hilir Tahun 2016. Sampel dalam penelitian ini adalah pemilih yang menggunakan hak pilihnya yang berjumlah 263 pemilih dengan metode pengambilan sampel menggunakan cara acak sederhana. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert yang dianalisis dengan metode deskriptif  kualitatif dan deskriptif kuantitatif seperti uji validitas dan reliabilitas, koefisien determinasi, uji hipotesis dengan analisis regresi bertingkat dengan pengolahan data menggunakan SPSS 19.0 for windows. Hasil penelitian menemukan bahwa: a) Promosi politik dan citra kandidat berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan dan keputusan pemilihan Kepala Desa Siulak Kecil Hilir. b) Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemilihan Kepala Desa. Disamping itu, c) Kepercayaan berperan sebagai variabel pemediasi antara promosi politik dan citra kandidat terhadap keputusan pemilihan Kepala Desa Siulak Kecil Hilir, Kerinci. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi praktis khususnya kepada para kandidat Kepala Desa di masa yang akan datang, meningkatkan kepercayaan melalui peningkatan promosi politik dan citra kandidat.


Keywords


candidate image; trust; selection decision; political promotion

Full Text:

PDF INDONESIA

References


Aghdaie, S. F. A., Piraman, A., & Fathi, S. (2011). An Analysis of Factors Affecting the Consumer ’ s Attitude of Trust and their Impact on Internet Purchasing Behavior Department of Management. Nternational Journal of Business and Social Science, 2(23), 147–158.

Alwie, A. F. (2012). Pemasaran Politik dan Keputusan Memilih Kelompok Pinggiran Kota ( Studi Pada Kelompok Partisipan Politik di Kota Pekanbaru ). Jurnal Sosial Ekonomi Pembangunan, 2(6), 220–243.

Arikunto, S. (2016). Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Baron, R. M., & Kenny, D. a. (1986). The Moderator-Mediator Variable Distinction in Social The Moderator-Mediator Variable Distinction in Social Psychological Research: Conceptual, Strategic, and Statistical Considerations. Journal of Personality and Social Psychology, 51(6), 1173–1182. https://doi.org/10.1037/0022-3514.51.6.1173

Bastian, D. A. (2014). Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–9.

Bilondatu, M. R. (2013). Motivasi, Persepsi, dan Kepercayaan, Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsemen Sepeda Motor Yamaha di Minahasa. Jurnal EMBA, 1(3), 710–720.

Firmanzah (2018). Marketing Politik-Antara Pemahaman dan Realitas. Jakarta: Yayasan Obor.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Kesembilan. Semarang : Universitas Diponegoro.

Hamad, I. (2008). Memahami Komunikasi Pemasaran Politik. Mediator, 9(2), 147–162.

Heryanto, I. (2015). Analisis pengaruh produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian serta implikasinya pada kepuasan pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 9(2), 80–101.

Ikhsan, R. B., & Shihab, M. S. (2010). Political Marketing Mix dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Mahasiswa Universitas Lampung. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 8(16), 30–40.

Kotler, P & Keller, K.L. (2011). Manajemen Pemasaran, Jilid I. Jakarta : Erlangga.

Maholtra, N.K. (2009). Riset Penelitian. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Qomariah, N. (2012). Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Inst. Jurnal Aplikasi Manajemen.

Rini, E. S. (n.d.). KEPUTUSAN PEMILIH, 179–195.

Schiffman, L dan Kanuk, L.L. (2008). Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh, Jakarta : Indeks.

Sekaran, U. (2017). Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Buku I dan II. Edisi 6. Jakarta : Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Melifia Liantifa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by LLDIKTI Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera, Indonesia
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: [email protected]

E ISSN 2477-7862