EFEKTIVITAS PROMOSI MELALUI INSTAGRAM PADA UMKM SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN DI KOTA PEKANBARU



Zulia Khairani, Efrita Soviyant, Aznuriyandi Aznuriyandi

Abstract


SME in the midst of globalization and high competition makes SME must be able to face global challenges, such as improving product and service innovation, To foster consumer interest to try and buy products, required the efforts of various effective marketing strategy one of them with promotional activities. One of the media including the internet media is social media. This study aims to analized effectiveness of product promotion of SMEs in the media Instagram. Promotion effectiveness is measured by the concept of AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). The sample in this study was 100 people active instagram account owner and at least one account SMEs memfollow food and beverage sector in Pekanbaru, promoted in the media Instagram. Methods of data analysis using validity and reliability of data, and one sample t test. Results revealed that the effectiveness of the promotion of SME food and beverage Instagram media Pekanbaru city in the high category. This indicates that the sale via instagram media useful to attract consumers to buy SME products food and beverage sector.

 

Pemberdayaan UMKM di tengah arus globalisasi dan tingginya persaingan membuat UMKM harus mampu menghadapi tantangan global, seperti meningkatkan inovasi produk dan jasa, Untuk menumbuhkan minat konsumen mencoba dan membeli produk yang dijual UMKM, diperlukan upaya, berbagai strategi pemasaran yang efektif salah satunya dengan kegiatan promosi. Salah satu media yang termasuk media internet adalah media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis efektivitas promosi produk UMKM di media Instagram. Efektivitas promosi diukur dengan konsep AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang pemilik akun instagram aktif   dan memfollow minimal satu akun UMKM sektor makanan dan minuman di pekanbaru yang berpromosi di media Instagram.Metode analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas data, dan uji t satu sampel. Hasil Penelitian mengungkapkan bahwa efektivitas promosi UMKM makanan dan minuman kota Pekanbaru di media Instagram pada kategori tinggi. Hal ini mengindikasikan bahwa promosi melalui media instagram bermanfaat untuk menarik minat konsumen membeli produk UMKM sektor makanan dan minuman.


Keywords


AIDA; promotions efectivity; social media

Full Text:

PDF

Article Statistics

Abstract View : 0 Times
PDF : 0 Downloaded

References


Andini, N. P. (2013). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Kepercayaan Pelanggan Dan Keputusan Pembelian ( Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013 yang Melakukan Pembelian Online Melalui Media Sosial Instagram ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 11(1), 1–6.

Ayu, I., & Maha, P. (2016). EFEKTIVITAS IKLAN DENGAN ANALISIS AIDA ( ATTENTION . INTEREST , DESIRE DAN ACTION ) STUDI PADA PENGGUNA SEPEDA MOTOR MEREK YAMAHA DI KOTA SINGARAJA, (2).

Diamond. (2015). The Visual Marketing Revolution: 26 Kiat Sukses Pemasarandi Media Sosial. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

Gharibi, S., Danesh, S. Y. S., & Shahrodi, K. (2012). Explain the Effectiveness of Advertising Using the Aida Model. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business, 4(2), 926–940.

Jayanti, G. (2014). PENERAPAN E-COMMERCE DALAM PROSES KOMUNIKASI PEMASARAN DI TOKO EAST KALIMANTAN CENTER SAMARINDA. E Journal Ilmu Komunikasi, 2(3), 219–228.

Kotler, P. (2009). Manajemen pemasaran. Jakarta: PT Index Kelompok Gramedia.

Mahendra. (2014). media jejaring sosial dalam dimensi self disclosure. UIN Yogyakarta.

Morisan. (2010). Periklanan komunikasi pemasaran terpadu. Penerbit kencana.

Rawal, P. (2013). AIDA Marketing Communication Model: Stimulating a purchase decision in the minds of the consumers through a linear progression of steps. International Journal of Multidisciplinary Research in Social & Management Sciences, (1), 37–44.

Rehman, F. U., Nawaz, T., Ilyas, M., & Hyder, S. (2014). A Comparative Analysis of Mobile and Email Marketing Using AIDA Model. Journal of Basic and Applied Scientific Reasearch, 4(6), 38–49.

Sudaryanto. (2012). Strategi Pemberdayaan UMKM Menghadapi Pasar Bebas Asean. Jurnal Ekonomi Akuntansi danManajemen, 1(2).

Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sulianta. (2014). 101 Jurus Promosi Online Paling Top. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Wulandari, sri, & Yunizar. (2015). Efektivitas Promosi Melalui Twitter pada Perusahaan Pariwisata Bahari Ibu Penyu. Makalah Kolokium, Departemen Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat, Institut Pertanian Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Zulia Khairani, Efrita Soviyant, Aznuriyandi Aznuriyandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by LLDIKTI Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera, Indonesia
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: [email protected]

E ISSN 2477-7862