KONTRIBUSI PENGELOLAAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KESEHATAN DAN MIPA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT



Erpidawati Erpidawati(1*), Elsi Susanti(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
(2) Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
(*) Corresponding Author

Abstract


The purpose of this research is to describe the contribution of Classroom Management to the results of Student Learning Department of Hospital Administration Faculty Health and MIPA at Muhammadiyah University of West Sumatera (UMSB). Type of correlational quantitative research, The sample in this study is the fourth semester students of Hospital Administration Department Faculty Health and MIPA. techniques collection data using questionnaires with Likert scale. Data analysis techniques consist of 1) description of data, 2) requirements test, 3) hypothesis testing. The results of the study illustrate that the management of classroom management conducted by lecturers is good enough category, there is a contribution of class management to the students' learning result of the Faculty of Health and MIPA (UMSB)

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kontribusi Pengelolaan Manajemen Kelas terhadap hasil belajar Mahasiswa Jurusan Adminstrasi Rumah Sakit Fakultas Kesehatan dan MIPA (UMSB). Jenis penelitian kuantitatif korelasional, Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan skala Likert. Analisis data terdiri dari 1) deskripsi data, 2) uji persyaratan, 3) pengujian hipotesis. Hasil penelitian mengambarkan bahwa pengelolaan manajemen kelas yang dilakukan dosen termasuk kategori cukup baik, terdapat kontribusi pengelolaan manajemen kelas terhadap hasil belajar Mahasiswa.


Keywords


classroom management; and learning outcome

Full Text:

PDF INDONESIA

References


A.M, Sardiman. 2012. Interaksi dan motivasi belajar mengajar, Jakarta: PT Raja. Grafindo Persada

Abin Syamsudin Makmun. 2010. Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Agus Suprijono. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya

Amad Rivai, Nana Sudjana, 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran : Membantu Meningkatkan Mutu Pembelajaran sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras

Hadiyanto, M. (2018). Iklim Kelas Di Sekolah Dasar Negeri 10 Ganting, Koto Tangah, Kota Padang. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 38–44.

Hendriati, A. (2017). Kemampuan Manajemen Kelas Guru : Penelitian Tindakan Di Sekolah Dasar Dengan Ses Rendah, 16(2), 89–104.

Oemar Hamalik. (2010. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Siregar Sofyan. 2013. Metode Penelitian Kuantitaif. Jakarta: Kencana

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV.Alfabeta

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudarwan Danim.2012. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan. Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia

Sudirman N, dkk. 2010. Ilmu Pendidikan: Bandung Posdakarya

Suhardan, Dadang. dkk. 2010. Manajemen Pendidikan.Bandung: Alfabeta

Mursalin, Sulaiman, N. (2017). Peran guru dalam pelaksanaan manajemen kelas di gugus bungong seulangakecamatan syiah kualakota banda aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 105–114.

Wahyuni, A. N. (2015). Implementasi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Mata Pelajaran Al – Islam Kelas III di SD Muhammadiyah 26 Surabaya. Tadarus, 4(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Erpidawati, Elsi Susanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by LLDIKTI Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera, Indonesia
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: [email protected]

E ISSN 2477-7862