Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Pasar dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening di Toko Abang-Adik



Nurintan Asyiah Siregar(1*)

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Labuhanbatu
(*) Corresponding Author

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of product quality and brand image on customer loyalty with customer satisfaction as an intervening variable. The study was conducted at Abang-Adik Store in Rantauprapat City, North Sumatra. The population used was all shop customers with a simple random sampling method obtained by 98 final samples. Path analysis with the SPSS Version 22 program is used for data processing. The results of the study prove that product quality and brand image have a positive effect on customer loyalty, product quality and brand image have a positive effect on customer satisfaction, customer satisfaction has a positive effect on customer loyalty. The results of the study also prove that customer satisfaction is an intervening variable on the relationship between product quality and brand image with customer loyalty.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Penelitian dilakukan pada Toko Abang-Adik di Kota Rantauprapat Sumatera Utara. Populasi yang digunakan adalah seluruh pelanggan took dengan metode simple random sampling didaperoleh 98 sampel akhir. Analisis jalur dengan program SPSS Versi 22 digunakan untuk pengolahan data. Hasil penelitian membuktikan bahwa kualitas produk dan brand image berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, kualitas produk dan brand image berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening terhadap hubungan antara kualitas produk dan brand image tdengan loyalitas pelanggan.


Keywords


brand image; customer loyalty; customer satisfaction; product quality

Full Text:

PDF INDONESIA

References


Aryani, Dwi., Rosinta, Febrina. 2010. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, 17(2), 114-126

Ferdinand, Augusty. 2011. “Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen.” Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ferrinadewi, Erna (2008). Merek & Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Haryoso dan Suhartono, 2010. Pengaruh Kualitas pelayanan dan bauran pemasaran ritel terhadap loyalitas Anggota dengan kepuasan anggota sebagai variabel intervening (Studi di Koperasi Kerabat SMP Negeri 1 Kebak kramat. STIE AUB Surakarta. EXCELLENT | 2(1 September).

Herawati dan Halim, 2008, Analisis hubungan antara Customer value, Customer Satisfaction, dan Switching Cost terhadap Customer Loyalty (Studi kasus perpindahan GSM ke CDMA pada Mahasiswa di Depok), Jurnal Eksekutif, 3(2 Agustus) 97– 104

Keller, L. 2007. How to manage brand equity. Jakarta: GRamedia Pustaka

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2009). Principles of marketing, edisi ketiga belas jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. (2009). Manajemen pemasaran. Jakarta: Indeks.

-----------------.(2010). Manajemen pemasaran, edisi ketiga belas jilid I. Jakarta: Erlangga.

Kusumawati, Andriani 2011, Analisis Pengaruh Experimental marketing terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan: Kasus Hypermart Malang Town Square. Jurnal Manajemen Pemasaran Modern 3(Januari-Juni)

Mulyani, Yuliana. 2009. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Pasar Swalayan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pasar Swalayan Luwes Di Purwodadi). EXCELLENT 1(2 September).

Nurrohman, Maria M Minarsih, Moh Mukeri, Warso 2016. Analisis Pengaruh Letak, Variasi Produk Dan Lingkungan Fisik Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus PD. Pasar Gayamsari Semarang). Journal Of Management, 2(2 Maret)

Oliver, R. L. 2006. Satisfaction : A Behavioral Perspective On The Consumer New York: McGraw Hill Companies, Inc

Prasejo, A Mangan., Setiono., & Sri, Nur Hidayati. (2006). Anak Masa Depan dengan Multiple Intelegensi. Yogyakarta : Pradipta Publishing

Sunyoto, Danang. (2012). Dasar - dasar manajemen pemasaran. Yogyakarta: Penerbit CAPS.

Sugiyono. 2012.Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta

Surachman. (2011). Dasar - dasar manajemen merek. Bayumedia: Malang.

Tjiptono, Fandy. (2011). Semi manajemen merek 01, manajeman & strategi merek. Yogyakarta: Andi.

Utomo, Priyanto Doyo. (2006). Analisis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen pada operator telepon seluler. Thesis: Universitas Gadjah Mada

Wulandari. (2013). Evaluasi zonasi dan lingkungan kawasan wisata pantai anyer serang Universitas Pendidikan Indonesia.

Wicaksono, Yoga. Santoso B Suryono. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pelanggan di PI. Indo Samudera Perkasa Semarang). Diponegoro Journal of Management 4(4),(1-11)

Widiyanto. (2008). Pointers Metodologi Penelitian. Semarang: CV Dikalia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nurintan Asyiah Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by LLDIKTI Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera, Indonesia
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: [email protected]

E ISSN 2477-7862