PENGARUH KEPUASAN ATAS BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PENGUNJUNG PADA TAMAN WISATA BUKIT KHAYANGAN KOTA SUNGAI PENUH



Gampo Haryono

Abstract


Building customer loyaltyis veryimportant forcompany Loyaltycan be createdfromcustomersatisfactionto themarketing so thatThis research aims to analyze : (1) The effect of satisfaction product, satisfaction of price, satisfaction of promotion, satisfaction of location, satisfaction of personil, satisfaction of process, satisfaction of physical evidence on switching barrier (2) The effect of satisfaction product, satisfaction of price, satisfaction of promotion, satisfaction of location, satisfaction of personnel, satisfaction of process, satisfaction of physical evidence on customer loyalty Taman Wisata Bukit Khayangan Kota Sungai Penuh. This studyincluding thea descriptivequantitativeresearchandverification.The populationin this researchis a Taman Wisata Bukit Khayangan Sungai Penuh City customer. Drawnfroma populationsample of323customers. Sampling was done byusing Stratified Random Sampling technique. Analysis of data used path analysis and hypothesis testing using the F and  t test. The result showed that: (1) there are significant effect satisfaction of price, satisfaction of promotion, satisfaction of location and satisfaction of personnel on switching barrier, while the effect satisfaction of product, satisfaction of process and satisfaction physical evidence not significant on customer loyalty Taman Wisata Bukit Khayangan.

Membangun loyalitas pelanggan merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan. Loyalitas dapat diciptakan dari kepuasan pelanggan terhadap bauran pemasaran, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh kepuasan atas produk, kepuasan atas harga, kepuasan atas promosi, kepuasan atas lokasi, kepuasan atas karyawan, kepuasan atas proses dan kepuasan atas sarana fisik terhadap loyalitas pengunjung Taman Wisata Bukit Khayangan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan pengunjung remaja sampai dewasa Taman Wisata Bukit Khayangan tahun 2009 sampai 2015 dengan jumlah 482.500 orang.Dari populasi ditarik sampel sebanyak 323 orang pengunjung.Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh signifikan kepuasan atas produk terhadap loyalitas pengunjung Taman Wisata Bukit Khayangan, 2) terdapat pengaruh signifikan kepuasan atas harga terhadap loyalitas pengunjung Taman Wisata Bukit Khayangan, 3) terdapat pengaruh signifikan kepuasan atas promosi terhadap loyalitas pengunjung Taman Wisata Bukit Khayangan, 4) terdapat pengaruh signifikan kepuasan atas lokasi terhadap loyalitas pengunjung Taman Wisata Bukit Khayangan, 5) terdapat pengaruh signifikan kepuasan atas pegawai terhadap loyalitas pengunjung Taman Wisata Bukit Khayangan, 6) terdapat pengaruh signifikan kepuasan atas proses terhadap loyalitas pengunjung Taman Wisata Bukit, 7) tidak terdapat pengaruhsignifikan kepuasan atas bukti fisik terhadap loyalitas pengunjung Taman Wisata Bukit Khayangan. 


 


Keywords


marketingmix; customer loyalty

Full Text:

PDF

Article Statistics

Abstract View : 0 Times
PDF : 0 Downloaded

References


Gultom, D. K., Ginting, P., & Sembiring, B. K. F. (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Program Studi Manajemen UMSU, 14(1), 21–33. Retrieved from http://jurnal.umsu.ac.id

Heriga, W., & Budiyati, Y. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Aplikasi Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Di Indomaret Tembalang-Banyumanik). SIJALU Sistem Informasi Jurnal Ilmiah USM, I(4), 21–30. Retrieved from http://journal.usm.ac.id

Indrayani, T. I., & Aldino, H. P. (2016). Pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan Speedy PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom), Tbk Kandatel Sumbar. Jurnal Benefita, 1(3), 16–28. Retrieved from http://ejournal.kopertis10.or.id/index.php/benefita

Marhanah, S., & Wahadi, W. H. (2016). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 13(1), 61–72. Retrieved from http://ejournal.upi.edu

Pupuani, N. W., & Sulistyawati, E. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Perilaku Pembelian Ulang (Studi Kasus Pada Produk Pasta Gigi Merek Pepsodent Di Kota Denpasar). E Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 2(6), 683–702. Retrieved from http://ojs.unud.ac.id

Selang, C. A. D. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Loyalitas Konsumen pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA, 1(3), 71–80.

Tanzil, F. E., & Kusuma, A. A. G. A. A. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Pada Keputusan Pembelian Ulang Kebaya Di Rumah Kebaya Bali Molek. E Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(5), 1336–1344. Retrieved from http://ojs.unud.ac.id

Ulfa, R., Wulandari, D., & Subagio, N. A. (2014). Pengaruh Hijabers Community Terhadap Gaya Hidup Dan Keputusan Pembelian Hijab Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jember ( The Influence of Hijabers Community through Lifestyle and Hijab Purchase Decision in Students â€TM of Faculty of Economics Univ. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi Universitas Jember, 1(1), 67–71. Retrieved from http://jurnal.unej.ac.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Gampo Haryono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by LLDIKTI Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera, Indonesia
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: [email protected]

E ISSN 2477-7862