PERCAYAKAH MASYARAKAT PADA AIR MINUM ISI ULANG?



Effiyaldi Effiyaldi

Abstract


Hal-hal yang menjadi masalah dalam usaha air minum isi ulang antara lain; ditemukan depot yang mengisi air galon tidak melalui proses penyaringan higenis, depot yang air minum tidak mempunyai izin, bahwa sebagian masyarakat menyangsikan kesehatan air minum isi ulng yang dijual dan ditemukan peralatan saringan air dalam kondisi kotor dan berlumpur, ada kesan jarang dibersihkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga jual, merek dagang dan kualitas produk terhadap kepercayaan masyarakat pada air minum isi ulang skala kecil di kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah survey lapangan menggunakan data primer dengan populasi dan sampel adalah warga kota Jambi, metode sampling yang digunakan adalah menerapkan rumus Slovin dan menggunakan alat analisis regresi linier berganda dan product moment. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa harga jual dan merek dagang berpengaruh tidak signifikan sedangkan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan masyarakat terhadap air minum isi ulang skala kecil di kota Jambi. Namun, ketiga variabel yang diteliti secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepercayaan masyarakat pada air minum isi ulang skala kecil di kota Jambi. Atau dapat dikatakan harga jual, merek dagang dan kualitas produk saat ini, masih  menimbulkan kepercayaan masyarakat pada air minum isi ulang skala kecil di kota Jambi. Sedangkan variabel yang paling dominan berpengaruh adalah variabel kualitas produk.

Things are becoming a problem in an attempt to refill drinking water, among others; found gallon water filling depot that no screening process hygiene, drinking water depot that does not have permission, that some people doubt the health of drinking water sold ulng contents and found the equipment in the water filter is dirty and muddy conditions, there is an impression rarely cleaned. This study aims to determine the effect of the sale price, trademarks and product quality on public confidence in drinking water refill small scale in the city of Jambi. The method used is the field survey using primary data and the sample population are citizens of the city of Jambi, the sampling method used is to apply formula Slovin and using a multiple linear regression analysis and product moment. The results showed that the selling price and the effect is not significant trademark product quality while significantly influence public confidence in the drinking water refill small scale in the city of Jambi. However, the three studied variables jointly affect the public confidence in drinking water refill small scale in the city of Jambi. Or we can say the selling price, trademarks and product quality at this time, still raises public confidence in drinking water refill small scale in the city of Jambi. While the most dominant variable is the variable quality of the product.



Keywords


Price; Quality; Trust; Brand.

Full Text:

PDF

Article Statistics

Abstract View : 0 Times
PDF : 0 Downloaded

References


Arumsari, Dheany, 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Aqua (Studi pada Konsumen Toko Bhakti Mart KPRI Bhakti Praja Provinsi Jawa Tengah).Semarang. Universitas Diponegoro.

Antarajambi.com, 2014. Dua kecamatan di Jambi krisis air PDAM. http://www.antarajambi.com/berita/305403/dua-kecamatan-di-jambi-krisis-air-pdam

BPS Kota Jambi, 2010. Hasil Sensus Penduduk 2010 Kota Jambi. Angka Agregat Per Kecamatan. Badan Pusat Statistik Kota Jambi.BPS Kota Jambi

Das, T.K. and Teng, B.S, Alliance Constellations, (1998). A Social Exchange Perspective,AcademyofManagementReview,23(3),445–457.

Demografi.2007. http://www.kotajambi.go.id/id/index.php?option=com_content&task=view&id=171&Itemid=117

Indra Budaya, Fitri Ayu Lestari. 2016.Nilai Pelanggan Dan Citra Perusahaan Terhadap Minat Beli Di Toko Cermin Simpang Tiga Pasar Bedeng Viii Kayu Aro Kecamatan Kayu Aro Barat. Jurnal Benefita Kopertis Wilayah X. Vol 1 No. 1

Jambi.tribunnews, 2014. Air Isi Ulang tak Higienis.Warga Bisa Lapor ke Dinkes. http://jambi.tribunnews.com/2014/08/16/warga-bisa-lapor-ke-dinkes

Kotler, P. 2005. Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control. Engle-wood Cliffs, NJ: PrenticeHall, Inc.

Oon Boy M S Pane dan Endang Sulistya Rini, 2011. Pengaruh Brand Equity Flash Disk Merek KingstonTerhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Amik Mbp Medan Jurnal Ekonom, Vol 14, No 3, Juli.

Paten Indonesia, 2014. Apa Yang Dimaksud Merek.http://www.patenindonesia.co.id/merek-2/apa- yang-dimaksud-merek/

Pratisto, Arif. 2004. Cara Mudah Mengatasi Masalah Statistik Dan Rancangan Percobaab Dengan SPSS 12. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Sembiring, Ejasa, (2013). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Kepemimpinan Transaksional Terhadapkomitmen Organisasi Dengan Trust Sebagai Mediator.Disertasi.Jakarta Universitas Persada Indonesia (UPI YAI).

Sp.beritasatu.com, 2014. PDAM Kota Jambi Tak Mampu Atasi Krisis Air Bersih.http://sp.beritasatu.com/home/pdam-kota-jambi-tak-mampu-atasi-krisis-air-bersih/56080.

Sugiono, 2003.Statistik Untuk Penelitian, Bandung Alfabeta.

Swastha, B. 1998. Manajemen Penjualan. Edisi Tiga. Yogyakarta: BPFE.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Effiyaldi Effiyaldi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by LLDIKTI Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera, Indonesia
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: [email protected]

E ISSN 2477-7862